Evaluasi mutu Puskesmas Megaluh rutin diadakan setiap selesai apel pagi di hari Senin. Tujuan evaluasi mutu adalah untuk memantau dan menilai tingkat mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. 

Evaluasi mutu puskesmas juga bertujuan untuk: 

Meningkatkan keselamatan pasien 

Menemukan kesalahan dan kendala, serta mencari solusi untuk pemecahan masalah 

Menilai tingkat kinerja puskesmas, baik dalam capaian program maupun manajemen 

Menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan 

Memberikan informasi kepada dinas kesehatan tentang kondisi puskesmas, yang dapat digunakan untuk perencanaan kegiatan dinas kesehatan selanjutnya 

Evaluasi dilaksanakan kepada pengguna layanan Puskesmas Megaluh dan Petugas. Pembina apel sebagai evaluator memberikan beberapa pertanyaan kepada pengguna layanan tentang pelayanan yang ada di Puskesmas Megaluh. Selain itu evaluator juga berkeliling ke setiap ruangan untuk mengevaluasi petugas dalam memberikan pelayanan.

Hasil Evaluasi Mutu Pelayanan Oleh Pembina apel bu dr. Adinia N hari Senin 26 Agustus 2024 
1. Pelayanan Skrining
- Petugas sudah memakai atribut dan APD lengkap
- ⁠petugas sudah memperkenalkan diri ke pasien
- ⁠petugas sudah melayani pasien dengan ramah
- ⁠petugas sudah menjelaskan alur pelayanan puskesmas
2. Pelayanan klaster 2
- Petugas sudah memakai atribut dan APD lengkap
3. Pelayanan Klaster 5 ruang Obat Farmasi
- Petugas sudah memakai APD dan atribut lengkap
4. Pelayanan Loket
- Petugas sudah memakai atribut  dan APD lengkap
- ⁠Petugas loket sudah memperkenalkan diri ke pasien
- Petugas sudah melayani dengan ramah dan sudah menjelaskan alur pelayanan puskesmas
5. Pelayanan Klaster 1 Ruang Managemen
- Petugas sudah memakai atribut lengkap
6. Klaster 5 Ruang kegawat daruratan
- Petugas sudah memakai atribut dan APD lengkap
- Petugas sudah melayani dengan ramah dan sudah menjelaskan alur pelayanan UGD dan rawat inap

Rencana Tindak Lanjut 
Melakukan pemantauan kepada seluruh petugas untuk bekerja sesuai SOP dan selalu memakai atribut lengkap.